Pembelajaran Bangun Datar Geometri (SEGI BANYAK BERATURAN) Dengan Menggunakan Media Kertas Warna

Standar

1. Pengertian/Klasifikasi

Suatu segibanyak yang semua sisi – sisinya dan semua sudut – sudutnya kongruen disebut segibanyak beraturan  atau segi – n beraturan. Dalam hal ini bisa kita simulasikan atau kita peragakan kedalam pembelajaran tentang pengenalan bangun datar khususnya segibanyak dengan menggunakan mencari contoh benda – benda kongkrit yang ada di sekitar lingkungan kita sendiri seperti misalkan, bangunan atap rumah yang berbentuk segi tiga sama kaki, daun pintu yang berbentuk persegi panjang dan lain sebagainya. Dengan menggunakan media kongkrit seperti kertas warna, bisa lebih menarik perhatian siswa, maka kegunaan media ini dalam pembelajaran/pengenalan tentang bangun datar akan jadi lebih menyenangkan.

2. Fungsi media

Fungsi utama media/ alat peraga ini  adalah menurunkan keabstrakan dari konsep, agar siswa mampu menangkap arti sebenarnya dari konsep tersebut. Dengan melihat, meraba dan memanipulasi objek/alat peraga maka siswa dapat mempunyai pengalaman – pengalaman nyata dalam kehidupan tentang arti dari  konsep serta contoh – contoh dari alat peraga, misalnya;  dapat memahami tentang sisi – sisi  dan sudut – sudut yang beraturan dari segi banyak atau segi – n.

3. Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan media konktit dari kertas tersebut adalah :

a. Memberikan inofasi baru didalam pembelajaran agar siswa lebih aktif sehingga pembelajaran menjadi lebih kondusif

b. Siswa dapat memahami bentuk dan jenis – jenis dari bangun datar segibanyak yang beraturan

c.  Dapat memahami sisi – sisi dan sudut – sudut dari bangun datar segibanyak yang beraturan atau segi – n.

4. Manfaat

Geometri membantu siswa untuk memahami, menggambarkan, atau mendeskripsikan benda – benda di  sekitar kita. Siswa akan lebih tertarik untuk mempelajari geometri jika mereka terlibat secara aktif didalam kegiatan – kegiatan individu atau kelompok berkenaan dengan geometri, dan apabila kita ingin mencapai hasil belajar siswa secara optimal tentu saja kita harus bisa mengembangkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) sehinnga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran seperti pengadaan media berupa gambar ataupun dengan benda – benda kongkrit di sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s