Alat Peraga

Standar

Sebagai seorang guru Matematika kita perlu mengetahui macam-macam alat peraga yang penting, khususnya dalam Matematika. kita perlu mencari, menggali, dan kalau perlu membuat sendiri alat-alat peraga itu.  Dalam mengajarkan Matematika modern kita harus berusaha agar anak-anak lebih mengerti dan mengikuti pelajaran matematika dengan gembira, sehingga minatnya dalam matematika akan lebih besar. Dengan dipergunakannya alat peraga maka anak-anak akan lebih tertarik dalam Matematika. Di samping itu tidak sedikit anak – anak yang daya tiliknya kurang. Mereka sukar membayangkan bentuk – bentuk geometri  terutama bentuk geometri ruang. Hal ini dapat kita sadari, sebab selain dari pada bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak, secara graduil kemampuan belajar melalui telinga, mata dan gerak itu berbeda – beda. Alat peraga ini akan sangat membantu anak-anak yang daya tilik ruangnya (tanpa benda real) dan belajar melalui telinganya kurang. Mereka yang demikian itu akan lebih berhasil belajarnya bila melalui gambar dan benda-benda realnya. Anak -anak dalam kegiatan belajarnya perlu dibawa ke alam sekitarnya, mengadakan penelitian, mengumpulkan, mencatat mengolah dan menyajikan data untuk pameran.

Jadi secara singkat, guna alat peraga Matematika adalah :

a. Meningkatkan minat anak dalam belajar matematika

b. Membantu daya tilik sehingga anak lebih mengerti dan lebih besar daya ingatnya

c. Agar anak mampu melihat hubungan antara ilmu yang dipelajari dengan alam sekitar dan masyarakat.

 

Beberapa Alat Peraga :

1. Alat peraga untuk menanamkan pengertian tentang bilangan, himpunan, anggota himpunan, arti lebih besar/kecil dan sama, dan lain-lain dapat dipergunakan mainan anak-anak seperti : binatang-binatangan, set piring/cawan/garpu, mobil-mobilan, kelereng, huruf-huruf dan lain-lain. Agar anak- anak tidak bosan dalam belajar alat – alat peraga itu supaya dikeluarkan bila akan dipakai saja.

2. Papan Flanel, terdiri dari sebuah papan datar yang ditutupi kain flanel. Benda – benda yang akan dilekatkan itu bagian belakangnya ditempeli dengan ampelas (menghadap luar). Alat-alat peraga yang menggunakan papan flanel umumnya dibuat dari benda – benda ringan dan bentuknya datar, bahan dari kertas, karton,dan lain-lain. Topik yang dapat dibuat misalnya; himpunan, pecahan, penjumlahan, perkaliian.

3.  Benda- benda geometri, dapat kita buat baik benda bidang maupun benda ruang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s