PEMANFAATAN MS-EXCEL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Standar

Microsoft excel merupakan program pengolahan angka, beberapa fasilitas diantaranya ialah program penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, rata-rata, nilai minimum, nilai maksimum, fungsi, pembuatan grafik dan hal lain yang terkait dengan pengolahan angka.

Berikut ini adalah tampilan layar pada ms-excel 2007

Selain program – program  tersebut diatas, salah satu fitur yang juga wajib diketahui adalah Goal-Seek. Fitur ini sengaja ditambahkan karena cukup penting dalam menyelesaikan beberapa persoalan matematika. Fitur Goal-Seek dapat digunakan jika kita ingin mencari nilai input, sedangkan nilai output sudah diketahui besarnya. Ambil sebuah contoh persamaan matematika seperti berikut ini :

y = 2x +5

Umumnya persamaan matematik di atas menanyakan variabel x sebagai input  dan variabel y sebagai output. Apabila variabel x diketahui besarnya maka dengan mudah variabel y dapat dihitunng hasilnya. Misal diketahui x = 5, maka y = 2 (5) + 5 = 15. Kondisi seperti itu sesuatu yang lumrah karena variabel y harus dicari nilainya jika variabel x diketahui.

Bagaimana jika kondisinya di balik, apabila variabel y diketahui dan variabel x ingin dicari nilainya. Persoalan ini sedikit lebih rumit dibandingkan kondisi pertama.  Akan tetapi hal ini dapat menjadi lebh mudah dengan menerapkan fitur Goal Seek .

Contoh 1 : carilah nilai x apabila y = 0 dari persamaan y = 2x + 5

Jawaban :

Perhatikan, dalam gambar, di dalam sel B1 diisi dengan bilangan sembarangan, dalam contoh ini diisi dengan nol (0) sedangkan dalam sel B2 harus diketikkan rumus = 2*B1 + 5

Apabila kita ubah – ubah nilai sel B1 maka isi sel B2 ikut berubah. Nilai yang kita rubah di sel B1 harus menghasilkan nilai  0 di sel B2 karena permintaan dari contoh soal. Bisa dibayangkan berapa kali kita harus mengubah nilai sel B1 untuk mendapat nilai  0 di sel B2. Untuk menghindari percobaan yang berulang seperti penjelasan tersebut, maka fitur Goal Seek harus digunakan.

Tempatkan kursor pada B2, klik menu DATA, Klik tombol WHAT-IF ANALYSIS, pilih GOAL SEEK

Setelah muncul kotak dialog Goal Seek, isikan To Value : dengan 0 dan By Changing cell : dengan B1 (perhatikan gambar dibawah )

Klik OK.  Hasil yang di dapat adalah x = -2,5. Ini artinya untuk menghitung agar nilai y = 0 maka nilai x harus -2,5.

Contoh 2 : Carilah nilai x apabila y = 0 dari persamaan y = x2 – 3x – 10

Jawaban :

Jangan lupa untuk megetikkan rumus = POWER(B1;2)-(3*B1)-10 di dalam sel B2.

Tempatkan kursor pada B2 , klik menu DATA, klik tombol WHAT – IF ANALYSIS, pilih GOAL SEEK.

Setelah muncul kotak dialog Goal Seek, isikan To value dengan 0, dan By Changing cell dengan B1. Klik OK. Maka hasil yang diperoleh adalah -2

Untuk x kedua, coba ketikkan 4 dalam sel B1, kemudian lakukan kembali Goal Seek. Hasil yang di dapat x bernilai 4,999884 atau jika dibulatkan x = 5 (perhatikan gambar di bawah)

Contoh 3 : sebuah tangki berukuran diameter 60 cm tinggi 100 cm digunakan untuk menampung air. Saat ini air yang tertampung dalam tangki setinggi 70 cm. Hitunglah volume air yang tertampung dalam tangki (dalam m3).

Jawaban :

Untuk menghitung volume air dalam tangki, gunakan rumus V = ¼ πd2t. Sebelum menghitung volume ada baiknya ditambahkan dulu perhitungan untuk mengonversi satuan dari cm ke meter di kolom D.

Di sel D1 ketikkan rumus = B1/100

Di sel D2 ketikkan rumus = B2/100

Di sel D3 ketikkan rumus = B3/100

Selanjutnya, untuk menghitung volume air, dalam sel B4 ketikkan rumus = (1/4)*pi()*POWER(D1;2)*D3. Hasil yang diperoleh di sel B4 adalah 0.198 m3.

Selain Goal Seek microsoft excel juga masih memiliki beberapa fungsi yang mempermudah dalam penyelesaian trigonometri, misalnya :

Contoh 1 : Carilah nilai cosinus dari sudut 30 0 (baca : 30 derajat)

Jawaban :

Untuk menyelesaikan contoh soal ini kita harus ingat bahwa excel secara default membaca besar sudut dalam satuan radian BUKAN derajat, walaupun itu bisa diubah. Jadi dalam contoh soal ini besar sudut 30 derajat harus diubah dulu menjadi radian .

Klik kursor di sel B2, ketikkan = COS (30*PI()/180) ,  ENTER

Jadi cosinus 30 0 adalah 0,866.

Contoh 2 : Hitunglah nilai cosinus dari rangkaian besar sudut dimulai dari 00 hingga 1800, dengan kenaikan setiap kelipatan 15 0.

Jawaban :

Untuk menjawab soal ini dibutuhkan tiga range sel dalam dua atau tiga kolom. Jika jawaban dibuat dalam tiga kolom maka :

  1. Kolom pertama berisi urutan angka sudut dari 00  hingga 1800.
  2. Kolom kedua berisi urutan angka sudut dlam satuan radian.
  3. Kolom ketiga berisi urutan angka hasil cosinus.

Pada lembar kerja excel  ketikkan :

Ketikkan rumus = RADIANS(B3) di sel C3

Ketikkan rumus = COS(C3) di sel D3

Copy isi sel C3 ke sel dibawahnya hingga sel C15

Copy isi sel D3 ke sel dibawahnya hingga sel D15

Sehingga hasilnya dapat dilihat seperti gambar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s